Rabu, 22 November 2017

Tutorial Membuat Jaringan LAN Sederhana Menggunakan Aplikasi Cisco Packet Tracer #Part2

Kali ini saya akan membuat tutorial topologi jaringan 3 susun dengan 1 router, 3 switch dan 4 client pada masing-masing switch. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut:
Buka Cisco Packet Tracer. Dan dilayar awal langsung saja drag router 1841 ke tengah lembar kerja.
1.  Buka aplikasi Cisco Packet Tracer >> drag router 1841 ke tengah lembar kerja.

2.  Karena kita akan membuat topologi dengan 3 switch, maka port pada router harus ditambahkan 1 lagi. Jadi klik router dan pada tab physical pilih WIC-1ENET. Matikan router terlebih dahulu, lalu drag modul dipojok kiri bawah ke tempat modul di router. Lalu nyalakan lagi setelah modul berhasil terpasang.

3.  Lalu untuk switch, langsung klik pada tab switches di pojok kanan bawah, dan langsung drag 3 switch bertipe generic.

4.  Karena pada switch tipe generic hanya disediakan 4 port pada awalnya, dan kita memerlukan 5 port pada setiap switch, maka klik pada switch pada tab physcial dan sama seperti router, kita matikan dulu alat sebelum memasang modul tambahan. Setelah dimatikan, maka drag modul di pojok kiri bawah ke tempat modul di switch. Dan jangan lupa untuk dinyalakan lagi.

5.  Setelah router dan switch sudah selesai, maka kita lanjutkan untuk client. Ditutorial ini kita memakai 4 client untuk setiap switch. Maka drag 12 PC (client) ke lembar kerja Cisco sedemikian rupa.

6.  Lalu hubungkan tiap device, ke-3 switch terhubung ke 1 router dan ke-4 PC terhubung ke masing-masing switch.

7.  Setelah semua device terhubung, maka selanjutnya kita berurusan dengan IP. Klik pada router dan pada tab config pilih FastEthernet0/0 atur IP address-nya seperti gambar. Lakukan juga kepada FastEthernet0/1 dan Ethernet0/1/0. IP ini akan sebagai default gateaway tiap PC pada masing-masing switch.

8.  Lalu berikutnya kita atur IP pada setiap PC. Klik PC tab desktop dan klik IP configuration. Pada PC di Switch0 masukan IP dan Default Gateaway seperti pada gambar, dan pada IP tinggal ganti digit terakhirnya ke setiap PC berbeda.


9.  Pada Switch1 sedikit berbeda pada 2 digit terakhir IP, dan pada tiap PC jangan lupa diganti digit terakhirnya.

10.Pada Switch2 sedikit berbeda pada 2 digit terakhir IP, dan pada tiap PC jangan lupa diganti digit terakhirnya.


11.Setelah semua IP sudah dikonfigurasi, maka semua device sudah terhubung. Untuk mencoba nya, pada PC0 klik dan pada tab desktop pilih Command Prompt. Lalu coba ping IP address dari sembarang client yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar