Rabu, 08 November 2017

Langkah-langkah Pembuatan Kabel UTP Straight

1.      Kupas ujung-ujung kabel UTP sekitar 2cm.
2.      Pisahkan kabel yang masih terlilit. Luruskan kabel dan susun sesuai dengan urutan warna yaitu orange putih, orange, hijau putih, biru, biru putih, hijau, coklat putih, coklat. Kemudian rapikan ujung kabel menggunakan tang krimping.

3.      Setelah kabel tersusun sesuai aturan warna, masukkan kabel kedalam RJ4. Kemudian pastikan ujung-ujung kabel benar-benar masuk kedalam RJ45. Pastikan agar urutan warna tidak tertukar.

4.     Setelah kabel terpasang pada RJ45, lakukan crimping RJ45 menggunakan tang krimping sampai kuningan RJ45 masuk dan mengunci ujung kabel.

5.      Lakukan test menggunakan LAN tester, jika lampu led pada LAN tester menyala pada urutan 1-8 maka pengkabelan berhasil dibuat. Jika ada salah satu urutan lampu yang tidak menyala maka pengkabelan gagal.

6.   Setelah percobaan menggunakan LAN tester berhasil, lakukan peer to peer dengan dua buah device, lihat IP address device berlawanan, kemudian masuk ke Command Prompt ketikkan ping [IP_address_lawan_device]. Atau bisa hubungkan device dengan switch seperti pada gambar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar